Jumat, 14 Agustus 2009

Ramadhan






Sungguh beruntung orang-orang yang masih dapat berjumpa dengan Ramadhan, bulan yang istimewa, Ya…..begitu banyak keistimewan dan kekhususan yang terdapat di dalamnya, antara lain dapat disebutkan sebagai berikut :

1. Keutamaan Bulan Ramadhan adalah:

  • Bulan yang penuh Barakah. Ramadhan adalah bulan kebaikan dan barokah, Allah memberkahinya dengan banyak keutamaan sebagaimana dalam penjelasan berikut ini. Allah menurunkan kitab-Nya yang mulia sebagai petunjuk bagi manusia, obat bagi kaum mukminin, membimbing kepada yang lebih lurus, menjelaskan jalan petunjuk. (Al-Qur'an) diturunkan pada malam Lailatul Qadar, suatu malam di bulan Ramadhan.
  • Pada bulan ini pintu Jannah dibuka dan pintu neraka ditutup. Rasulullah SAW memberi khabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabda, "Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa didalamnya; pada bulan ini pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa'." (HR. Ahmad dan An-Nasa'i)
  • Pada bulan ini Setan-Setan dibelenggu. Syetan tidak bisa leluasa untuk mengganggu dan mencelakakan manusia dan ini tidak seperti biasanya, karena manusia sibuk dengan shaum, membaca Al-Qur’an dan berdzikir.
  • Dalam bulan ini ada satu malam yang keutamaan beramal didalamnya lebih baik daripada beramal seribu bulan di bulan lain, yakni malam LAILATUL QADR.
  • Pada bulan ini setiap hari ada malaikat yang menyeru menasehati siapa yang berbuat baik agar bergembira dan yang berbuat ma'shiyat agar menahan diri.

2. Keutamaan beramal di bulan Ramadhan antara lain :

  • Amal itu dapat menutup dosa-dosa kecil antara setelah Ramadhan yang lewat sampai dengan Ramadhan berikutnya.
  • Menjadikan bulan Ramadhan dapat memintakan syafaa't bagi orang yang berpuasa secara ikhlash di dalamnya.
  • Khusus bagi yang puasa disediakan pintu khusus yang bernama Rayyan untuk memasuki Jannah.

3. Tips meraih sukses di bulan Ramadhan

  1. Memperbanyak amal dan shadaqah
  2. Mengkhusukkan Shalat lima waktu dan Tilawah Qur’an
  3. Menegakkan shalat malam
  4. Melanggengkan Shalat Dhuha

0 komentar: